Rabu, 11 Januari 2017

KABUPATEN KE PROPINSI

10 Januari 2017, 19.00 WIB
Oleh : Silpanus

Perubahan iklim pendidikan setingkat SMA yang sebelumnya berada  dalam kewenangan Kabupaten/Kota sekarang menjadi kewewenangan Propinsi pada tahun anggaran 2017, perubahan ini memberikan aura yang cukup meresahkan dikarenakan belum di ketahuinya secara pasti oleh pihak sekolah bagaimana alur dan system anggaran yang akan di berikan oleh Propinsi pada sekolah sekolah yang selama ini sebelum masa peralihan sebagaian besar bergantung pada Bantuan Operasioanal Sekolah Daerah (BOSDA), dan hal itu merupakan sumber keuangan tetap yang diterima oleh sekolah dimana diperuntukkan untuk keperluan operasioanal sekolah dan sudah berjalan dengan baik. Program program sekolah untuk jangka pendek sepenuhnya dapat terakomodasi melalui pemanfaatan dan penyerapan dana BOSDA sesuai dengan presedur dan ketentuan yang berlaku.


DIBE, S.Pd. Sei Ubar, 18 Mei 1985
(Guru Honorer) Spesifikasi Biologi,mengajar
Biologi, Muatan Lokal Dan Seni Budaya
Cp. 085828874688
Bagi SMAN-1 Danau Sembuluh sebelum masa peralihan kewenangan, yang menjadi jantung operasional sekolah adalah dari BOSDA Kabupaten Seruyan, kegiatan kegiatan sekolah seperti belajar mengajar, ektrakurikuler dan sebagainya dapat berjalan dengan semestinya berkat suplay dana yang sudah pasti diterima setiap triwulan pada tiap tahun anggaran, dan melalui itu pula sejak tahun 2005 SMAN-1 Danau Sembuluh hingga akhir tahun 2016 tidak pernah melakukan pungutan uang komite atau SPP kepada para pelajarnya atau dengan kata lain pendidikan gratis, dari anggaran itu pula sebagaian besar tenaga honor yang meliputi tenaga pendidik, penjaga sekolah, petugas kebersihan kantor, guru dan ruang belajar di bayar honorariumnya dari dana BOSDA. Dengan stopnya kran sumber dana dari BOS Daerah akibat peralihan status bahwa sekolah setingkat SMA sepenuhnya menjadi kewenangan Propinsi terhitung tahun anggaran 2017 membuat kegalauan hati yang gundah gulana bagi pihak sekolah, disebabkan belum diketahui secara pasti bagaimana system pendistribusian anggaran untuk sekolah yang sekarang di tangani oleh pihak Propinsi, Apa yang harus di lakukan? Bagaimana mengatasi honorarium para guru, penjaga sekolah dan sebagainya yang sudah tahunan mengabdi untuk mendapatkan haknya? Bagaimana mengatasi kegiatan kegiatan belajar mengajar tanpa ada anggaran? Bagaimana pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler?.

Harapan yang ada adalah dapat secepatnya mendapatkan kepastian system pendistribusian anggaran untuk penyelenggaraan pendidikan yang ada sekarang sehingga kegalauan tidak menjadi berlarut larut dan kegundahan tidak akan pernah ada di benak para guru honorer yang mengajar di depan kelas mendidik putra putri bangsa dan saat pulang piring nasi tetap terisi. 

Jikalau boleh berharap kepada para pemimpin yang memiliki kewenangan untuk bisa mengangkat para guru honorer kami yang hanya masih mendapatkan SK pengangkatan dari sekolah bisa di tingkatkan menjadi Guru Tidak Tetap (GTT) atau Guru Kontrak yang SK pengangkatannya dari Pemda Kabupaten Seruyan atau Pemprov Kalteng, sehingga para guru honorer di SMAN-1 Danau Sembuluh dapat mengajar dengan rasa yang tentram.


Dengan masa peralihan kewenangan dari Kabupaten ke Propinsi terhadap pendidikan setingkat SMA semoga menjadikan pendidikan semakin lebih baik dari yang sudah baik, sebab siapapun tidak berharap perubahan yang terjadi sekarang mengalami kemunduran atau menjadi sesuatu yang biasa biasa saja, 

NOVITA DEWI LESTARI, S.Pd, P. Raya, 13 Nov 1989
(Guru Honorer) Spesifikasi Fisika, Mengajar Fisika, Geografi
Dan Ketrampilan
Cp. 082250588229
Harapan pada perubahan semoga dapat dilinierkan dengan system system yang lebih baik pula, baik dari ketepatan waktu pendistribusian anggaran, ketepatan  waktu peningkatan kesejahteraan para guru dan pegawai, ketepatan peningkatan prestasi peserta didik, ketepatan perimbangan terhadap penyaluran sarana prasarana untuk tiap sekolah yang ada di perkotaan dan di pedesaan  karena apa yang sudah dilaksanakan maka konsekwensinya adalah hasil yang lebih baik sebagai wujud nyata dari suatu perubahan. 


"Tanah Air Mata"
Sutarji Kalsum Bahri

SUSANTO, S.Kom. Sembuluh
(Guru Honorer) Spesfikasi Komputer, Mengajar TIK, 
Pengelola LAB TIK
Cp. 081360832422
Tanah,. 
Air mata,.
Tanah tumpah lukaku
mata air
air mata kami
air mata tanah air kami
disinilah kami berdiri menyanyikan air mata kami
dibalik gemur subur tanah ku
kami simpan perih kami
dibalik estalase megah gedung gedung mu
kami coba sembunyikan derita kami
kami coba simpan nestapa
kami coba kuburkan duka laraaaaaaaaaa...

tapi perih tak bisa sembunyi
ia merebak kemana mana 

bumi memang tak sebatas pandang
dan udara luas menunggu
namun kalian tak bisa menyingkir
kemanapun melangkah kalian pijak air mata kami
kemana pun terbang kalian kan hinggap di air mata kami
kemana pun berlayar kalian arungi airrrrrrrrr mataaaaaaa kamiiiiiiii

kalian sudah tekepung 
tak kan bisa mengelak
tak kan bisa kemana pergi
menyerahlahhhhhhh 
pada kedalaman 
AIR MATA 





Tidak ada komentar:

LAUK KAPAR

           PILIHAN GANDA 1.       Cepat atau lambatnya air meresap ke dalam tanah melalui pori-pori tanah baik ke arah horizontal maupun k...