Minggu, 27 Mei 2018

"Alumni Sagusabu 2018" Media Guru


Palangkaraya, 27 Mei 2018. 16.00 WIB
Oleh : silpanus

Sebagai langkah menarik minat baca para pembaca terhadap suatu buku, tentu tidak lepas dari bentuk promosi yang disampaikan, indicator terhadap kesuksesan peredaran buku agar bisa diminati dan menimbulkan rasa penasaran salah satunya adalah judul dan synopsis yang tertera dalam buku tersebut. Yang seringkali menjadi permasalahan adalah, mampukah sebuah buku, membuat orang penasaran dan rela mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan buku itu. Kemudian meluangkan waktu untuk membaca secara keseluruhan isi buku tersebut.

Salah satu bentuk upaya pencapaian minat baca masyarakat, khususnya di wilayah jangkauan Kalimantan Tengah. Beberapa buku hasil karya para guru yang mampu menulis buku, pada beberapa waktu lalu telah di bimbing oleh Pustaka Media Guru. Dan juga melalui ketelitian dan profesionalitas para editor di Media Guru, dalam mendampingi para penulis  menuntaskan tulisan para guru agar diperoleh hasil tulisan yang baik. Akhirnya mampu memberikan beragam judul buku yang siap di promosikan dan diterbitkan,  kepada masyarakat yang heterogen profesi, suku, agama dan Ras, dengan tingkat kesenangan yang berbeda beda pula terhadap buku yang menjadi incaran mereka. Pada satu sisi,  buku tersebut diharapkan mampu menjangkau semua lapisan umur, sesuai dengan keperluannya masing masing sehingga tingkat kepuasan mereka terhadap buku yang diperolehnya benar benar dapat terpenuhi.


Salah satu buku yang sudah di promosikan dan ikut meramaikan buku buku karya guru, adalah “Suara Aneh Di Tengah Danau”  (SADD), yang bergenre fiksi horror, dengan sasaran penjualan segala umur dan profesi, terkhusus bagi para pembaca yang senang menjelajah buku buku fiksi dan bernuansa horror. Salah satu trik promosi yang dilakukan dalam mempromosikan buku SADD ini, penulis memberikan buku dengan cuma cuma kepada orang orang yang dikenal saja. Impactnya sungguh tidak diduga, yaitu mereka  merasa senang mendapatkan oleh oleh buku, bahkan dengan sukarela  menjadi agen promosi di tempatnya masing masing. Bagi penulis, hal ini memberikan ruang gerak terbatas. Tanpa harus mengantarkan sendiri  untuk menemui para peminat buku itu, Cukup dengan mengandalkan agen agen promosi itu. Maka SADD mampu menjelajah ke berbagai wilayah, Dan para agen promo itupun ternyata dapat menjual buku yang dititipkan kepadanya. Cara ini sebenarnya sudah menjadi salah satu teori  manajemen dalam ilmu ekonomi, bahwa untuk mencapai suatu tujuan, kita harus bisa memanfaatkan orang lain dengan sebaik baiknya untuk meraih apa yang di inginkan, dan untuk pencapaian  tujuan itu perlu membutuhkan pengorbanan. ”Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber daya sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk suatu tujuan tertentu”. Hasibuan (2001 :20)


Untuk mengatasi rasa penasaran para peminat buku SADD, buku yang masih dalam proses ISBN itu, mencoba hadir dangan cetakan terbatas. Harapan dengan beredarnya buku SADD ke beberapa para pembaca semakin memperluas jelejah peredaran buku SADD khususnya di wilayah Kalimantan Tengah. Dan buku buku guru lainnya akan turut meramaikan ruang baca bagi para penikmat buku yang ditulis langsung oleh para guru gurunya sendiri. Sehingga korelasi antara jumlah buku buku yang terbit dari para penulis secara khusus di Kalteng akan berbanding lurus dengan jumlah pembeli buku, sehingga progress jumlah buku dan minat baca terhadap buku bisa berimbang. Dan budaya membaca, di bumi Isen Mulang tidak menutup kemungkinan  akan memulai babak baru dalam upaya menyukseskan gerakan Literasi bagi para peserta didik dan membuka khasanah baru bagi masyarakat luas tentang arti budaya membaca


BUKU BUKU GURU KALTENG "SAGUSABU 2018"






































































Tidak ada komentar:

LAUK KAPAR

           PILIHAN GANDA 1.       Cepat atau lambatnya air meresap ke dalam tanah melalui pori-pori tanah baik ke arah horizontal maupun k...