Selasa, 17 Desember 2019

Salonok_Natal SPP/R Se Resort Seruyan Hilir


Selonok Ladang Mas, 17 Desember 2019,  17.00 WIB
Oleh : Silpanus



Perayaan Natal di bulan Desember menjadi moment yang sangat berarti bagi umat Nasrani di manapun berada. Kegembiraan dan sukacita Natal menggema baik di kota kota besar hingga di pedalaman rimba bagi pemeluk agama nasrani. Sukacita yang dirasakan adalah sebagai respon terhadap kemuliaan Yesus Kristus yang telah datang kedunia untuk menebus segala dosa umatnya. Lahir dalam kehinaan dalam sebuah kandang domba. Hingga kematiannya di kayu salib adalah bukti KASIH yang telah diberikannya kepada segenap umat yang percaya kepadaNYA.


Sukacita natal juga dirasakan oleh segenap warga Nasrani PT. Salonok Ladang Mas, selang satu hari pelaksanaan natal bersama (oikomene) yang dilaksanakan hari sabtu 14 Desember 2019. Para pemuda pemudi yang ada di lingkungan perkebungan PT Salonok Ladang Mas, dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Natal SPP/R se Resort Seruyan Hilir. Seksi kategorial SPP/R dari Gereja Imanuel Kuala Pembuang dan Seksi kategorial SPP/R dari Gereja Nazaret Bangkal. Hadir untuk merayakan Natal di gereja Oikumene PT. Salonok Ladang Mas.



Perayaan natal seksi kategorial yang jauh dari keramaian kota, tidak membuat acara perayaan tersebut sama dengan kehampaan atau sepinya suasana perkebunan di malam hari. Sukacita natal begitu terasa damai di sebuah gereja kecil di tengah perkebunan. Walaupun guyuran hujan mengiringi perayaan natal. Tidak mengurangi sukacita yang dirasakan oleh setiap pemuda dan remaja yang hadir. Jika di lihat pelayanan kategorial dari masing masing gereja pelayanan. Para pemuda di PT Salonok Ladang Mas, rata rata semuanya adalah karyawan perkebunan, berbeda dengan SPP/R dari gereja Imanuel dan Nasaret yang rata rata adalah para pelajar. Namun perbedaan tersebut bukanlah menjadi halangan bagi mereka untuk berbaur dalam sukacita Natal.

Karena demikianlah yang sudah tertulis dalam tema  pada perayaan Natal 2019 “HIDUPLAH SEBAGAI SAHABAT BAGI SEMUA ORANG” (Yohanes 15: 14-15) para seksi pelayanan kategorial di tiga pelayanan gereja telah menjadi sahabat bagi sesamanya, menanggalkan identitas pekerjaan dan jabatan untuk saling melayani sebagaimana subtema yang juga telah mereka tulis “DENGAN KELAHIRAN KRISTUS JADILAH KAUM MELENIAL YANG HIDUP SEBAGAI SAHABAT DAN MEMANCARKAN SINAR TERANG BAGI SESAMA”



Dalam khotbah  yang di sampaikan oleh Pdt. Mombo Gusti Gunawan, S.Th. dan juga sebagai Ketua Mejelis Resort Seruyan Hilir memberikan perenungannya kepada semua jemaat yang hadir pada perayaan Natal saat itu. Dalam slide yang ditampilkan, ilustrasi seorang sinterklas membawakan banyak hadiah untuk diberikan pada tiap orang namun tetap saja tidak cukup memuaskan bagi yang menerimanya, Tetapi Yesus Kristus memberikan satu hadiah kepada tiap orang melalui pengorbanannya di kayu salib, dan itu sangat memuaskan bagi semua orang yang percaya kepadanya.

Wijoyo Sirait, ketua Pemuda gereja pelayanan PT. Salonok Ladang Mas dalam sambutannya berpesan kepada para sahabat sahabat pemuda di lingkup perkebunan, agar bisa mengambil contoh kesan positif yang telah di tunjukkan oleh para junior juniornya SPPR dari pelayanan gereja Imanuel dan Nasaret. Bahwa untuk memuji dan memuliakan Tuhan tidak harus menunggu diri sudah bekerja ataupun menjadi seorang yang dewasa untuk tampil kedepan menjadi pemimpin di rumah ibadah. Dalam kesempatan yang sama juga. Riodyxman Sagala selaku GM PT. Salonok Ladang Mas memberikan nasehat kepada seksi pelayanan kategorial yang hadir merayakan Natal. Agar dapat mencontoh DAUD, yang di usia mudanya di pilih Allah dan kepadanya diberikan kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.


Malam itu juga setelah selesai melaksanakan acara perayaan Natal, seksi pelayanan kategorial SPP/R Gereja Imanuel Kuala Pembuang dan SPP/R Gereja Nazaret Desa Bangkal kembali ke lingkungan pelayanan mereka masing masing, walaupun jarak tempuh Kuala Pembuang ke PT. Salonok Ladang Mas kurang lebih enam jam, karena harus melewati kota Sampit, tidak menyurutkan keinginan untuk berbagi sukacita Natal dengan para pemuda yang ada di perkebunan sawit.

SELAMAT NATAL 25 DESEMBER 2019 DAN SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU 01 JANUARI 2020
Semoga sukacita Natal selalu memberikan kedamaian dan keselamatan bagi kita semua. Amin  

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Terpujilah Tuhan yang menjadikan langit dan bumi, kepada Dia lah kita harus menyembah..amin

LAUK KAPAR

           PILIHAN GANDA 1.       Cepat atau lambatnya air meresap ke dalam tanah melalui pori-pori tanah baik ke arah horizontal maupun k...