Senin, 04 September 2023

KASIH DI PERKEBUNAN SAWIT II

 by.silpanus

Minggu pertama pelaksanaan ibadah dengan tata cara GKE, semua jemaat  yang datang nampak gembira dengan perubahan yang ada. Rio Sagala mendatangi Wahyu Widodo yang mengantarkan rombongan dari jemaat Bangkal ke depan Gereja.

     “Nanti, semua bangku yang ada ini? diganti saja seperti bangku kayu yang panjang itu?”. kata Rio Sagala sembari menunjuk ke deretan bangku lipat didalam ruang gereja itu. “Iya pak, saya juga berpikir untuk membuat mimbar tempat pendeta?”. Kata Wahyu Widodo.

      Semenjak hari itu, Wahyu Widodo bersama Rio Sagala, merencanakan untuk membentuk calon Majelis Jemaat GKE PT. SLM. Pada minggu kedua pelaksanaan ibadah di Gereja El Shadai. Wahyu Widodo memanggil beberapa jemaat untuk merundingkan langkah selanjutnya dalam pembentukan calon Majelis Jemaat.

      Mereka yang di saat itu memiliki kerinduan untuk melayani. Pnt.Wahyu Widodo, Pnt.Debora, Dkn.Honda, Pnt.Karyandi, Dkn.Dermawati Batubara dan Pnt.Idae Riyeni. Keenam orang ini di rencanakan akan menjadi pelayan, yang akan mendampingi Pendeta dalam pelayanan ibadah di gereja  PT. SLM.

 


Itulah sepenggal kisah di tahun 2017, dalam sebuah buku “Kasih Di Perkebunan Sawit (Kisah Perintis GKE PT. Salonok Ladang Mas)” saat pelayanan Ibadah dengan tata cara Gereja Kalimantan Evangelis (GKE). 

Sekarang perkembangan pelayanan ibadah di lingkungan perkebunan PT. Salonok Ladang Mas, terus berusaha eksis walaupun di tengah kesibukan pekerjaan yang di jalani oleh para karyawan dan staf PT. SLM.

Walaupun penatua Wahyu Widodo dan penatua Karyandi telah lebih dahulu kembali ke pangkuan Bapa di sorga, namun kisah mereka tetap di kenang bersama para perintis, dan jemaat GKE PT. Salonok Ladang Mas. Yang terkadang setiap periode tertentu silih berganti bergabung dalam tugas pekerjaan di perusahaan dan bersama dengan jemaat GKE PT. Salonok Ladang Mas.

Hingga di tahun 2023 ini, eksistensi jemaat GKE PT. Salonok Ladang Mas, selalu dan terus bersekutu dalam nama Tuhan Yesus di bawah naungan Gereja Kalimantan Evangelis di wilayah Resort GKE Seruyan Hilir. Penetua dan Diakon yang melayani di MPH Jemaat GKE PT. SLM juga bertambah bilangannya.

Sebagai Penasehat dan juga Perintis, Penatua Riodyxman Sagala, selalu memberikan wejangan dan arahan kepada MPH Jemaat GKE PT. Salonok Ladang Mas. Agar selalu bisa memberikan pelayanan kepada jemaat yang ada seoptimal mungkin, selama masih bisa diatur dengan baik, antara pekerjaan dan pelayanan.

Begitu juga kepada jemaat yang ada, beliau juga memberikan motivasi untuk bisa memberikan waktu untuk bisa beribadah bersama sama, baik di dalam pelayanan ibadah minggu, maupun ibadah pelayanan kategorial seperti kaum bapak bapak, perempuan, pemuda remaja dan juga pelayanan untuk anak anak.


Jemaat GKE PT. Salonok Ladang Mas, sebagian besar adalah para "musafir" dalam pekerjaan, kalau di lihat dari domisilinya, rata rata bukanlah jemaat yang berdiam atau bertempat tinggal tetap di lingkungan pelayanan GKE PT. Salonok. Jika pekerjaan mengharuskan untuk bertugas atau bekerja di wilayah lain, maka para karyawan dan staf harus menjalani, dan terpaksa harus meninggalkan pelayanan jemaatnya.

Hal sebaliknya juga demikian, jika ada karyawan atau staf yang datang dan bekerja  di PT. Salonok Ladang Mas, dan mempunyai keinginan di layani atau memiliki kesamaan dalam kesesuaian tata ibadah GKE, mereka pun di terima dengan sangat baik. 

Semoga dengan kasih Yesus Kristus, kita bisa menjadi ranting dari "Pokok Anggur" yang selalu menghasilkan buah yang baik. Seperti yang sudah dilakukan oleh para Perintis menjadi ranting ranting Pokok Anggur yang telah berbuah dengan baik. Seperti sepenggal lirik lagu ; "Hidup ini adalah kesempatan, hidup ini harus melayani Tuhan. Jangan sia siakan, apa yang Tuhan bri, hidup ini harus jadi berkat".

Kiranya Tuhan Yesus Kristus selalu menyertai pelayanan MPH Jemaat GKE PT. Salonok Ladang Mas, dan dapat menjadi Ladang Mas yang baik dan selalu menghasilkan buah yang baik. Amin

DOKUMENTASI MPH JEMAAT GKE PT. SALONOK LADANG MAS

IBADAH MINGGU

SEKSI PELAYANAN RUMAH TANGGA

SEKSI PELAYANAN ANAK

SEKSI PELAYANAN BAPAK

SEKSI PELAYANAN PEMUDA REMAJA

SEKSI PELAYANAN PEREMPUAN

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Semoga jemaat di PT SLM selalu di sertai dan di berkati Tuhan Yesus dalam pelayanan pekabaran kasih Kristus. Amin

Tirta Hendrawan mengatakan...

Tulisan yg luarbiasa Pak. Kiranya menjadi motivasi utk semua org agar semakin giat melayani dan berkarya bagi kemuliaan Allah. Tuhan menyertai kita dlm berbagai waktu, upaya, tenaga yg kita beri bagi Gereja. 😇

Anonim mengatakan...

Luar biasa....
Nama Yesus selalu dimuliakan melalui hidup dan pekerjaan kita.... amin 🙏

LAUK KAPAR

           PILIHAN GANDA 1.       Cepat atau lambatnya air meresap ke dalam tanah melalui pori-pori tanah baik ke arah horizontal maupun k...